14 November 2013

11 Judul Dokumenter OSIS Siap Bertarung


Tercatat ada 11 film dokumenter karya pelajar (setingkat SMP dan SMA) yang masuk ke pengelola Kompetisi Dokumenter Pelajar Banyumas Raya 2013 bertema “Pemilihan OSIS”. Batas waktu pengiriman hingga 10 November 2013 lalu, menerima film-film pelajar dari Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, bahkan ada satu film dari Kebumen.

Film-film tersebut adalah “Bukan Demokrasi” karya SMAN 1 Rembang Purbalingga, “Bukateja Belajar Berdemokrasi” karya SMAN 1 Bukateja Purbalingga, “Sisi Lain Demokrasi di Indonesia” karya SMAN 1 Kutasari Purbalingga, “Tangan Kanan” karya SMKN 1 Purbalingga, “Tentang OSIS” karya SMK YPLP Perwira Purbalingga, “Mana Janjimu?” karya SMPN 4 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga.

Karya dari Banyumas “Yang Terbaik yang Terpilih” karya SMAN Patikraja, dari Cilacap “Osis is Democracy” karya SMK Karya Tunas Nusantara Wanareja, “Osis will be Better” SMK Farmasi Majenang, “Pesta Pilketos” karya SMKN 1 Bawang Banjarnegara, serta “Pilkosis” karya SMKN 1 Kebumen.

Bagian entry dan database kompetisi ini, Canggih Setyawan mengatakan, penerimaan karya sempat diundur sekitar 10 hari karena menunggu beberapa film yang saat itu masih dalam proses editing. “Setidaknya, jumlah karya yang masuk sudah melebihi target pengelola kompetisi,” ujar mahasiswa Sosiologi Fisip Unsoed ini.

Saat ini, seluruh karya peserta kompetisi yang diselenggarakan Laboratorium Ilmu Politik Fisip Universitas Jenderal Soedirman kerjasama Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) sedang dalam penilaian dewan juri. Mereka adalah Aan Rohaeni (Ketua KPUD Banyumas), Bowo Sugiarto (dosen Politik Fisip Unsoed), dan Aris Andrianto (Ketua Aliansi Jurnalis Independen Persiapan Kota Purwokerto).

Menurut Ketua Laboratorium Ilmu Politik Unsoed, Indaru Setyo Nurprojo, menilik rangkaian kompetisi dari mulai workshop hingga nanti pengumuman pemenang menjadi proses penting bagi para pelajar pembuat film. “Bagaimanapun hasilnya, mereka sudah belajar menangkap peristiwa demokrasi di lingkungan kecil mereka lewat kamera film,” ujarnya.

Rencananya, pengumuman dan penganugerahan akan digelar pada Sabtu, 23 November 2013 di kampus Fisip Unsoed Purwokerto. Acara ini akan digelar dari pagi hingga malam hari, dengan suguhan diskusi, pemutaran film, pentas seni, dan penganugerahan.

Tidak ada komentar: