21 April 2013

OMK Gelar Workshop Produksi Film



Orang Muda Katolik (OMK) se-Dekenat Tengah Keuskupan Purwokerto, yang terdiri dari lima paroki, yaitu Purwokerto Barat, Purwokerto Timur, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara mengadakan Pra APC (Akhir Pekan Ceria) ke V. Kegiatan itu berupa workshop produksi film pendek yang digelar pada Minggu, 21 April 2013 di Gereja Katolik Santo Agustinus Purbalingga.

Workshop bertema “Jadilah Pemain, Jangan Cuma Jadi 9Penonton” ini diikuti sekitar 60 anak muda dengan menggandeng Cinema Lovers Community sebagai fasilitator. Berbagai materi berupa teori dan praktik produksi film pendek diberikan dan dipelajari mereka.

Materi-materi dalam proses produksi film pendek itu seperti manajemen produksi, penulisan skenario, teori tata kamera dan tata gambar (editing), lalu praktik tata kamera dan editing. Praktik tata kamera, para peserta workshop membuat satu adegan kemudian menjadi bahan edit.

Salah satu peserta workshop, Vena Anastasya, mengatakan, dirinya senang gereja memberi berkesempatan belajar memproduksi film dari orang-orang yang selama ini fokus di dunia film pendek. “Senang dan ini kesempatan baik bagi kami ada pilihan media ekspresi yaitu berupa film,” ujar pemudi asal Gereja Katedral Purwokerto.

Dekenat Tengah Keuskupan Purwokerto tampaknya ingin mengajak OMK di setiap paroki dalam menggali potensi dan bakatnya dalam dunia film yang berguna untuk mengembangkan imam umat.

Penanggung jawab kegiatan, Romo Kristiadji, MSC mengatakan, menggelar workshop produksi film ini karena film bisa menjadi sarana atau media pewartaan untuk mengkomunikasikan iman Katolik yang sangat efektif. “Kamis menyadari dunia digital, khususnya perfilman sangat akrab dengan dunia kaum muda. Kami ingin membekali informasi mengenai pembuatan film,” tuturnya.

Kristiadji melanjutkan, kegiatan workshop film yang merupakan bagian dari Pra APC ini tak hanya berakhir pada belajar membuat film. “Anak-anak muda gereja itu akan memproduksi film pendek bertema keimanan yang nantinya akan kami perlombakan se-Dekenat Tengah Keuskupan Purwokerto,” jelasnya.

Tidak ada komentar: