10 September 2012

Purbalingga (Bukan) Sarang Koruptor



Kado buat Kota Tercinta jilid 4
Cinema Lovers Community Purbalingga

Preambule
Kado buat Kota Tercinta adalah program ekspresi dan apresiasi kreativitas seni anak muda Purbalingga sebagai media kritik terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Program Cinema Lovers Community (CLC) ini dirancang dan dihadirkan setiap tahun sebagai kado ulang tahun kota Purbalingga.

Tahun 2012 ini, Purbalingga memasuki usia 182 tahun, yang menurut versi Pemkab jatuh pada 18 Desember. Usia yang cukup tua untuk sebuah kabupaten di Jawa. Belasan tipe kekuasaan pernah bercokol di daerah yang terletak di bagian barat Provinsi Jawa Tengah ini.

Semasa rezim Triyono Budi Sasongko (TBS), dua periode kekuasaan, masyarakat kritis Purbalingga dibungkam (baca: dilemahkan) sehingga yang muncul dan terasa di permukaan adalah kondisi yang “ayem tentrem”.

Kita dibuai sama sekali dengan pembangunan-pembangunan fisik yang bersifat mercusuar bahkan dibutakan bahwa dibalik pembangunan itu ada banyak persoalan. Kini, di rezim Heru Sudjatmoko (HS), yang juga masih menyengat bau rezim TBS, kran kritism dan keberanian masyarakat kembali ditantang.

Tahun ini, program Kado buat Kota Tercinta memasuki tahun keempat. Menempatkan tema “Purbalingga (Bukan) Sarang Koruptor” yang akan menghadirkan karya foto, komik, musik, sastra, teater, dan film.

Melalui media tersebut, kami, anak muda Purbalingga ingin mengabarkan kepada rakyat, bahwa korupsi, penyelewengan anggaran, penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan bahkan secara berjamaah sekalipun ada di sekitar kita, sadar atau tidak telah membodohi dan memiskinkan kita.

Tujuan
- Program tahunan Cinema Lovers Community
- Media kritik baru
- Media ekspresi dan apresiasi anak muda

Sasaran
- Pelajar dan anak muda Purbalingga
- Masyarakat Purbalingga pada umumnya
- Para pemangku kebijakan

Kegiatan
- Pameran foto
- Pameran komik
- Pentas musik
- Pentas sastra
- Pentas teater
- Pemutaran film
- Diskusi

Pengkarya
Rakyat Purbalingga

Waktu Pelaksanaan
Desember 2012

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Filme wis dadi urung kang? angger wis dadi, ndang di upload neng youtube. nyong pengin nonton.