04 Februari 2008

BSF #6 - Mengusung Karya Pelajar Kota Satria

Karya-karya film pelajar SMK Negeri 1 Purwokerto yang diproduksi di Purbalingga berkesempatan diputar perdana di ajang Bamboe Shocking Film! #6. Pemutaran film akan berlangsung pada Sabtu, 9 Februari 2008, pukul 19.00 WIB di Cafe Bamboe, timur alun-alun Purbalingga.

Terdapat empat karya film yang pembuatannya dibawah bimbingan Cinema Lovers Community (CLC). Keempat karya itu bertajuk “Suparman” (fiksi) sutradara Afrinda Pratama, “Kasih Ibu” (iklan layanan masyarakat) sutradara Nia Mardiana, “Ngulet” (dokumenter) sutradara Tri Purwaningsih, dan “Jalan Masih Panjang” (video musik) sutradara Novia Candra Cahyani.

Film “Suparman” berkisah tentang sebuah peristiwa kesalahpahaman dari kata “parman”. Parman sebagai nama orang dan “pareman” yang dalam bahasa Banyumasannya berarti pupuran atau bersolek.

Iklan layanan berjudul “Kasih Ibu” bercerita tentang seorang anak yang tidak banyak bersyukur dengan apa yang diberikan ibunya. Namun ketika ia menyadari setelah memandang lama fotonya masa kecil, tersadar bahwa kasih ibu sepanjang masa.

Pada karya dokumenter yang berjudul “Ngulet” memaparkan bagaimana pandangan orang-orang dan seorang ahli syaraf berkaitan dengan kebiasaan manusia tentang ngulet. Benarkah ngulet itu berarti ‘kawin’ dengan setan?

Sementara pada “Jalan Masih Panjang” menghadirkan gambar-gambar aktivitas para pekerja bangunan. Bagaimana mereka bekerja keras dalam rangka menghidupi diri dan keluarganya.

Tri Purwaningsih, sutradara film dokumenter “Ngulet”, mengharapkan karyanya tak hanya semata menjadi tugas sekolah. “Semoga bisa ditonton banyak orang dan bisa diikutkan ke festival film,” ungkapnya.

Menurut Novia Candra Cahyani belum sempat karyanya dan karya ketiga temannya diputar dan diapresiasi banyak orang. “Baru di acara Bamboe Shocking Film ini karya kami akan disaksikan banyak orang,” tuturnya.

Karya keempat sutradara perempuan yang semuanya duduk di kelas XII ini adalah hasil Praktek Kerja Industri (Prakerin) selama sebulan lebih sejak awal Desember 2007 lalu di Purbalingga. Bolex

Tidak ada komentar: