28 April 2015

Mendekatkan pada Pariwisata Purbalingga

Festival Film Purbalingga 2015

Festival Film Purbalingga (FFP) 2015 akan kembali digelar. Festival tahunan yang merupakan program Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga ini kembali digelar sebulan mulai 2-30 Mei 2015 di wilayah Banyumas Raya.

Tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-9. Pengelola FFP menggandeng kerjasama dengan komunitas wisata di Purbalingga untuk mendekatkan festival film dengan pariwisata di Purbalingga. Lahirlah program "Dolan Purbalingga & Nonton Rangkaian FFP 2015" pada 25-26 Mei 2015 serta penjualan marchendise FFP 2015.

"Festival film atau festival pada umumnya dimanapun diselenggarakan, tidak terlepas dari konsep pariwisata lokal. Tentu apabila festival itu mampu digelar secara terus-menerus," ujar Direktur FFP Bowo Leksono saat konferensi pers, Selasa, 28 April 2015 di RM Yosi Mandiri Purbalingga.

Sementara program unggulan layar tanjleb keliling desa se-Banyumas Raya (Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Banyumas) tahun ini digelar di 19 desa. Dengan rincian, 9 titik desa di Kabupaten Purbalingga, 3 desa di Banjarnegara, 3 desa di Cilacap, dan 4 desa di Banyumas. Satu desa yaitu Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga sekaligus sebagai lokasi program Dolan Purbalingga.

Manajer Program FFP Nanki Nirmanto mengatakan, FFP 2015 tetap mengusung program utama yaitu kompetisi dan pemutaran film pelajar se-Banyumas Raya. "Tahun ini, total ada 29 film karya pelajar yang didaftarkan, yaitu 14 kategori fiksi SMA, 7 kategori dokumenter SMA, dan 8 kategori fiksi SMP. Sementara program Non-Kompetisi terdapat 24 karya film yang didaftarkan," tuturnya.

Selain itu, digelar program pemutaran film non-kompetisi, pemutaran film anak, diskusi, FGD dari Jurusan Komunikasi UGM, penghargaan Lintang Kemukus dan pentas seni pada malam penganugerahan.

Pembukaan FFP akan digelar di halaman SMP Negeri 4 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga pada Sabtu malam, 2 Mei 2015. Sementara 27-30 Mei 2015, FFP digelar di Hall Hotel Kencana Purbalingga sekaligus melam penganugerahan pada Sabtu, 30 Mei 2015.


FFP 2015 akan melahirkan pemenang kategori Fiksi Pelajar SMA Terbaik, Dokumenter Pelajar SMA Terbaik, Fiksi Pelajar SMP Terbaik, Fiksi Pelajar SMA Favorit Penonton, dan Dokumenter Pelajar SMA Favorit Penonton ditambah Penghargaan Lintang Kemukus bagi seseorang atau kelompok di Banyumas Raya atas dedikasi hidupnya pada dunia kesenian.

Tidak ada komentar: