24 Desember 2012

CLC Gelar Kado buat Kota Tercinta jilid 4



Turut menyambut Hari Ulang Tahun Purbalingga, Cinema Lovers Community (CLC) menggelar program bertajuk Kado buat Kota Tercinta. Program tahunan yang sudah memasuki jilid 4 ini diadakan selama sepekan pada 25-31 Desember 2012 bertempat di Markas Besar CLC Jl. Puring No. 7 (selatan alun-alun) Purbalingga.

Kado buat Kota Tercinta adalah program ekspresi dan apresiasi kreativitas seni anak muda Purbalingga sebagai media kritik terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Program CLC ini dirancang dan dihadirkan setiap tahun sebagai kado ulang tahun kota Purbalingga.

Menempatkan tema “Purbalingga (Bukan) Sarang Koruptor” yang akan menghadirkan karya foto, karikatur, komik, poster, sastra, musik, teater, dan film. Seluruh karya dibuat oleh anak-anak muda Purbalingga.

Direktur CLC Bowo Leksono mengatakan melalui media seni, anak muda Purbalingga ingin mengabarkan kepada masyarakat bahwa korupsi, penyelewengan anggaran, penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan bahkan secara berjamaah sekalipun ada di sekitar kita. “Sadar atau tidak, praktik korupsi telah membodohi dan memiskinkan kita,” tegasnya.

Tahun 2012 ini, Purbalingga memasuki usia 182 tahun, yang menurut versi Pemerintah Kabupaten Purbalingga jatuh pada 18 Desember. Usia yang cukup tua untuk sebuah kabupaten di Jawa.

Bowo menambahkan ada ratusan data dugaan praktik tindak pidana korupsi yang ada di Kabupaten Purbalingga dan berhasil dihimpun oleh CLC. “Dari data-data ini, menjadi referensi dan inspirasi teman-teman dari masing-masing disiplin kesenian mewujudkan karya-karyanya,” ungkapnya.

Karya berupa foto, karikatur, komik, dan poster dipamerkan pada 25-31 Desember 2012. Sementara pertunjukan sastra berupa pembacaan puisi, pentas musik, pentas teater, pemutaran film dan diskusi digelar pada 29 Desember 2012 mulai jam 15.00.

Sebagai media kritik baru bagi para pengkarya dari kalangan anak muda Purbalingga, program ini terbuka untuk masyarakat umum untuk menonton dan mengapresiasi serta tidak dipungut biaya. Program Kado buat Kota Tercinta kali ini didukung Perpustakaan Film dan Buku Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB), Institut Negri Perwira, dan LSM Mandat Purbalingga.

Tidak ada komentar: