22 Juli 2009

Film Pendek Tampil di TV One


PURBALINGGA – Sukacita hinggap di benak para filmmaker pendek di Purbalingga. Dua judul film pendek yaitu Peronika dan Tasmini mendapat kehormatan ditayangkan di TV One.

Kehadiran film pendek berlogat Banyumasan itu langsung mendapat sambutan masyarakat Purbalingga baik di Purbalingga maupun di Jakarta.

Pentolan Cinema Lovers Community Purbalingga, Bowo Leksono mengaku cukup gembira dengan semakin diperhatikannya film pendek di dunia perfilman Indonesia. Tayangan Peronika, Sabtu (11/7) lalu langsung mendongkrak popularitas film Banyumasan di kancah nasional.

”Sambutannya luar biasa, sampai-sampai saya tidak dapat menjawab SMS yang masuk. Memori hp saya penuh karena ada sekitar 500 SMS ucapan selamat yang masuk,” tutur Bowo.

Bowo mengaku, pada Jum’at (17/7), ia kembali mendapatkan kejutan kedua kalinya. Televisi swasta tersebut menginformasikan akan menayangkan kembali sebuah film pendek karya sineas Purbalingga berjudul Tasmini, Sabtu (18/7) mulai pukul 10 malam. ”Selain mengobati kerinduan masyarakat Purbalingga di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, film ini menjadi hiburan segar bagi masyarakat yang sudah bosan dengan tayangan sinetron,” tambah Bowo.

Dua film Banyumasan itu mampu menembus layar kaca berkat dukungan dan peran dari sebuah yayasan film pendek dari Jakarta, Konfiden. Salah satu Dewan Pendiri Konfiden, Agus Mediarta mengaku cukup tertarik dengan film Banyumasan itu sejak pertamakali menontonnya.

”Waktu saya menonton pertamakali, saya langsung merasa cocok dan saya rasa film itu layak ditonton khalayak ramai,” tambahnya. Ia menambahkan, film Banyumasan itu sendiri cukup berbeda dengan film-film pendek dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan lainnya.

”Masyarakat Indonesia jarang yang mengetahui ada film berbahasa Banyumas. Lebih menarik lagi, film ini mampu berbicara secara visual. Film ini memang lucu, tapi bukan dari bahasanya melainkan dari penampilan visual yang dikemas oleh sutradara,” tambahnya. Budi, Radar Banyumas, Sabtu Pahing 18 Juli 2009.

Sayang, film Tasmini tidak jadi tayang pada Sabtu (18/7) karena slot-nya untuk tayangan Breaking News soal pemboman di Jakarta. Untuk itu, film Tasmini dalam tayangan bertajuk Film Pendek di TV One akan hadir pada Sabtu, 25 Juli 2009, jam 21.30 WIB.

Tidak ada komentar: