02 Juli 2015

Bioskop Rakyat CLC Putar Program Indonesia Raja 2015

Mengawali program pemutaran film paska Festival Film Purbalingga (FFP) sepanjang Mei 2015 lalu, Cinema Lovers Communiti (CLC) Purbalingga akan menggelar program Indonesia Raja mulai Sabtu, 4 Juli 2015, jam 15.30, di Markas Besar CLC Jl. Puring No. 7 Purbalingga yang memutar film-film pendek dari Medan.

Indonesia Raja adalah salah satu kegiatan yang diprakarsai Minikino berupa kolaborasi regional pertukaran program film pendek antar wilayah/kota di Indonesia. Termasuk di dalamnya pemutaran dan diskusi oleh para pembuat film dan kurator di masing-masing wilayah/kota yang terlibat.

"Kami menilai program bersama ini menarik dan penting, karenanya kami berperan aktif di dalamnya dengan cara turut mengurasi film-film pendek pelajar Purbalingga dan memutar seluruh program Indonesia Raja untuk publik Banyumas Raya," ujar Direktur CLC Bowo Leksono.

Indonesia Raja 2015 melibatkan partisipasi 7 kurator dari 7 kota yaitu Muhammad Abrar (Komunitas RuFi dari Medan), Siti Anisah (Sinema Kopi Hitam dari Jakarta), Bowo Leksono (Cinema Lovers Community dari Purbalingga), Hesti Nurnaningsih (Ruang Film dari Semarang), Mohammad Reza Fahriyansyah (Nonton Yuk!!! dari Yogyakarta), Fauzan Abdillah (Infis dari Surabaya), I Made Suarbawa (Minikino dari Denpasar).

Koordinator Indonesia Raja 2015 Fransiska Prihadi mengatakan, para kurator yang terlibat dalam Indonesia Raja bertugas melakukan kurasi dan menyusun karya-karya film pendek terpilih dalam sebuah program yang utuh. "Program tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran terkini mengenai pencapaian produksi film pendek di wilayah/kota yang terlibat," tuturnya.


Dalam ingatan kita sebaga bangsa Indonesia, Indonesia Raja adalah judul lagu kebangsaan Republik Indonesia dalam ejaan lama. Semangat kebangsaan yang terkandung dalam Indonesia Raja tersebut merupakan salah satu inspirasi yang mendorong upaya kolaborasi dan menjadikannya label pertukaran program film pendek Indonesia. Indonesia Raja hadir agar kita dapat “membaca” Indonesia melalui film pendek.

Tidak ada komentar: