30 Agustus 2014

Movie Day ACFFest 2014 di Purbalingga



Anti Corruption Film Festival (ACFFest) 2014 yang diadakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan United States Agency International Development (USAID) dan Management Systems International (MSI) akan menggelar program Movie Day di 10 kota di Indonesia. Salah satu kota yang disambangi adalah Purbalingga.

Movie Day ACFFest di Purbalingga akan digelar pada Sabtu, 6 September 2014 di Hotel Kencana Jl. Pujowiyoto No. 1 Purbalingga mulai jam 08.00 hingga 16.00. Kegiatan yang menggandeng partner lokal Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga ini terbuka untuk umum dan gratis.

Direktur CLC Bowo Leksono mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan baik, khususnya bagi anak-anak muda dan warga Purbalingga serta Banyumas Raya, mengetahui lebih dalam seluk-beluk tindak pidana korupsi. "Harapannya, banyak anak-anak muda yang terlibat dalam kegiatan ini," ungkapnya.

ACFFest sendiri merupakan ajang apresiasi terhadap bakat-bakat muda kreatif yang bertujuan meningkatkan kesadaran, dukungan dan partisipasi masyarakat Indonesia terhadap upaya pemberantasan korupsi, serta menanamkan perilaku anti-korupsi sebagai bagian dari gerakan, kampanye dan pendidikan anti-korupsi melalui media film.

Beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan ACFFest yaitu Festival Film, Kompetisi Film dan Movie Day. Untuk kompetisi film dibuka kategori film fiksi pendek pelajar dan umum, film dokumenter pendek pelajar dan umum, film animasi pendek umum, dan video citizen journalism untuk umum.

Menurut Manajer ACFFest Ridla An-nuur, setiap karya yang dikirimkan pada Kompetisi ACFFest 2014 mengandung nilai-nilai tentang Kejujuran, Kepedulian, Keadilan, Kemandirian, Tanggung Jawab, Kerja Keras, Kesederhanaan, Keberanian dan memiliki muatan pesan anti-korupsi yang kuat. "Sementara festival film akan digelar pada 9-12 Desember 2014 di Yogyakarta," ujarnya.

Pada gelaran Movie Day di festival yang memasuki tahun ke dua ini, selain di Purbalingga, juga sudah mulai digelar sejak 27 Agustus 2014 di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, Mataram, Makassar, Manado, dan Palembang.

Dalam kesempatan itu, akan diisi program talkshow membahas isu korupsi bersama Pimpinan KPK, pemutaran film-film pendek bertema antikorupsi disertai diskusi, workshop pembuatan video citizen journalism, dan pameran anti-korupsi. "Sudah dijadwalkan, Ketua KPK Abraham Samad akan menjadi narasumber talkshow di Purbalingga. Semoga tidak ada kendala sehingga bisa bersemuka dengan warga Purbalingga dan sekitarnya," kata Ridla.

Tidak ada komentar: