19 Agustus 2014

Layar Tanjleb Agustusan di Purbalingga dan Banjarnegara



Tawa warga tak berhenti menyaksikan diri mereka sendiri yang diputar dalam bentuk video dokumentasi dan ditonton bersama. Aksi warga saat lomba-lomba agustusan direkam kemudian ditonton bersama.

Minggu malam, 17 Agustus 2014, hampir seluruh warga RT 02 RW IV Kelurahan Purbalingga Kidul, Purbalingga keluar rumah dan berkumpul di sepanjang jalan Puring. Mereka melakukan tasyakuran sebagai wujud syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah 69 tahun sekaligus hiburan Layar Tanjleb bagi warga.

"Kita sudah merdeka selama 69 tahun dari penjajahan negara lain, meskipun belum seutuhnya merdeka dari hawa nafsu kita. Untuk itu, kita pantas bersyukur merayakannya dengan berbagai kegiatan, sekaligus mengingatkan pada diri kita untuk tetap eling pada apa yang kita lakukan," tutur Ketua RT 02 RW IV Riyono.

Sudah menjadi kewajiban Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga yang juga bermarkas di jalan Puring, menyumbangkan hiburan yang mendidik berupa program Layar Tanjleb Agustusan. Disamping itu, CLC melakukan perekaman semua kegiatan panitia perayaan Hari Ulang Tahun RI yang turut diputar bersama film-film yang sudah diprogram.

Sunaryadi, warga yang belum genap setahun tinggal di komplek itu, merasa bangga menyaksikan kekompakan warga terlebih mampu mengemas acara tasyakuran beda dengan yang lain karena ada hiburan nonton film. "Saya baru pernah menonton film-film pendek. Beda dengan tayangan di televisi, ini layak ditonton oleh warga," ujar pegawai Lembaga Pemasyarakatan (LP) Purbalingga ini.

Ada enam film, selain video dokumentasi yang diputar, yaitu "Duren" dari SMA 2 Purbalingga, "Selendang Lengger" dari SMA Rembang Purbalingga, "Sekuntum Anggrek Putih" dari SMA Bukateja Purbalingga, "Lembar Jawaban Kita" sutradara Sofyana Ali Bindiar, "Rena Asih" sutradara Lingga Galih Permadi dan "Pasukan Berani Mati" sutradara Imam Tantowi.

Selain di Purbalingga Wetan, malam itu, program Layar Tanjleb Agustusan CLC juga ada di Desa Karangjati RT 4 RW II Kecamatan Susukan, Banjarnegara. Berikutnya, program digelar pada Senin, 18 Agustus 2014 di Dusun Sprit RT 03 RW III, Desa Makam, Kecamatan Rembang, Purbalingga dan Desa Kertanegara, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga, serta Sabtu, 23 Agustus 2014 di Desa Timbang, Kecamatan Kejobong, Purbalingga dan Desa Kanding, Kecamatan Somagede Banyumas.

Tidak ada komentar: