19 Agustus 2014

Layar Tanjleb Agustusan di Griya Abdi Kencana



Warga, yang terdiri dari orang tua dan anak-anaknya, mulai berdatangan menuju lokasi layar putih yang dibentangkan melintang jalan. Sebagian dari mereka membawa tikar untuk alas duduk.

Malam itu, Sabtu, 16 Agustus 2014 Panitia Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 RT 03 RW IX Perumahan Griya Abdi Kencana Kelurahan Purbalingga Wetan, Purbalingga menggelar malam tasyakuran dengan memutar layar tanjleb.

"Setiap tahun, dalam rangka memperingati HUT RI, kami mengadakan berbagai kegiatan antara lain lomba-lomba untuk seluruh warga dan malam hiburan. Namun tahun ini ada yang berbeda, yaitu hiburan warga berupa layar tanjleb," ungkap Lukman Setiyo selaku ketua panitia.

Dengan mengajak kerjasama Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, tidak hanya film-film pendek buatan pelajar Purbalingga, namun juga film-film pendek luar kota dan film bioskop jadul yang disandingkan. Bahkan, bonus bagi warga adalah tayangan dokumentasi kegiatan agustusan yang dibuat CLC yang paling ditunggu.

Salah satu warga, Teguh Riyanto mengatakan, merasa senang melihat warga berkumpul dan guyub. "Ini juga kesempatan baik menanamkan Nasionalisme pada anak-anak kita dengan cara menonton film yang dibuat oleh anak-anak Indonesia," ujar warga yang juga bekerja di Satuan Lalu Lintas Polres Purbalingga.

Pada kesempatan itu, film-film yang diputar, yaitu "Duren" dari SMA 2 Purbalingga, "Selendang Lengger" dari SMA Rembang Purbalingga, "Sekuntum Anggrek Putih" dari SMA Bukateja Purbalingga, "Lembar Jawaban Kita" sutradara Sofyana Ali Bindiar, "Rena Asih" sutradara Lingga Galih Permadi dan "Pasukan Berani Mati" sutradara Imam Tantowi.

Penanggung jawab Program Layar Tanjleb Agustusan CLC Canggih Setyawan mengatakan, setiap tahun CLC menyiapkan program ini untuk memenuhi permintaan warga akan hiburan agustusan. "Tahun ini, sedikitnya ada tujuh titik hingga luar Purbalingga," katanya.

Malam berikutnya, program bergeser pada Minggu, 17 Agustus 2014 di Jl. Puring RT 02 RW IV Kelurahan Purbalingga Kidul, Purbalingga dan Desa Karangjati RT 4 RW II Kecamatan Susukan Banjarnegara, Senin, 18 Agustus 2014 di Dusun Sprit RT 03 RW III, Desa Makam, Kecamatan Rembang Purbalingga dan Desa Kertanegara, Kecamatan Kertanegara Purbalingga, serta Sabtu, 23 Agustus 2014 di Desa Timbang, Kecamatan Kejobong Purbalingga dan Desa Kanding, Kecamatan Somagede Banyumas.

Tidak ada komentar: