19 Juni 2014

Bioskop Rakyat Putar Dokumenter Puitis



Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga kembali menggelar Bioskop Rakyat (Biora) pada Sabtu malam, 21 Juni 2014, mulai jam 19.30 di Markas Besar CLC jalan Puring nomor 7, selatan Alun-alun Purbalingga. Pemutaran film ini terbuka untuk umum dan gratis.

Program bulanan kali ini, akan memutar film-film dokumenter puitis yang dibuat para sutradara mancanegara. Usai pemutaran akan digelar diskusi bersama Direktur CLC Bowo Leksono, Asep Triyatno seorang editor film, dengan moderator Canggih Setyawan.

Film-film yang akan diputar antara lain, “Symphony Diagonale” karya Viking Eggeling dari Swiss tentang pengembangan gagasan tandingan elemen linear, pengertian grafis dikembangkan secara berurutan dan berhubungan satu sama lain dalam bentuk vertikal atau gulir, menggunakan film untuk memberikan gulungan bentuk kinetik.

Film dari Belanda “Regen” yang disutradarai Mannus Franken, Joris Ivens tentang hujan yang turun di kota Amsterdam. Sementara Chris Marker dari Perancis dalam “San Soleil” menyambung potongan-potongan gambar dari film Hitchcock, gambar dari film ataupun footage berita lain, maupun gambar yang ia rekam sendiri. Film dinarasikan oleh suara wanita sedang membacakan sebuah surat dari seorang juru kamera.

Penanggung jawab Biora Canggih Setyawan mengatakan, kali kedua, program regular Biora bekerjasama dengan In-Docs Jakarta. “Pemutaran film dari CLC merupakan tawaran bagi siapapun untuk mengapresiasi dan berdiskusi lewat medium film,” tuturnya.

Tidak ada komentar: