08 April 2014

Putar Film dan Diskusi Pemilu



Tahun politik, Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, turut menyemarakkannya dengan menggelar pemutaran film dan diskusi tentang Pemilu. Bertajuk Bioskop Rakyat (Biora) yang ke-21, memutar film dokumenter “Children of a Nation” sutradara Sakti Parantean pada Sabtu malam, 12 April 2014, jam 19.30 di Markas Besar CLC jalan Puring nomor 7, selatan alun-alun Purbalingga.

Film produksi tahun 2013 berdurasi 77 menit ini membahas sejarah dan sisi lain Pemilihan Presiden 2009 dengan sudut pandang kuat dari para pembuat filmnya tentang apa yang mereka lihat dan rasakan pada masa kampanye Pemilihan Presiden di Indonesia. Sebuah pengalaman yang berdampak besar, yaitu bagaimana bangsa ini akan berjalan dalam 5 tahun ke depan.

Sementara diskusi Pemilu menghadirkan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Hubungan Antarlembaga Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Purbalingga Mey Nurlela, S.S., Divisi Bidang Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga Endang Yulianti, S.H., M.H., Pengamat Politik Unsoed Indaru Setyo Nurprojo, S.IP., M.A., dengan moderator Bangkit Wismo, S.IKom redaktur braling.com.

Penanggung jawab Biora, Canggih Setyawan mengatakan, pemutaran film merupakan salah satu program CLC. “Program ini sebagai wujud apresiasi dan referensi, khususnya bagi anak-anak muda Purbalingga, sekaligus melatih kepekaan dengan belajar berdiskusi,” ujar mahasiswa jurusan Sosiologi Unsoed ini.

Program Biora CLC mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk fasilitasi peralatan dan  In-Docs yaitu program promosi film dokumenter di Indonesia sebagai medium dalam meningkatkan kepekaan sosial masyarakat.

Tidak ada komentar: