08 Desember 2012

“Langka Receh” Diganjar Penghargaan Khusus FFI 2012



Tak Terima Piala, Pinjam untuk Foto Bersama

Mengulang sukses di Festival Film Indonesia (FFI) 2010, film besutan anak-anak remaja SMP Negeri 4 Satu Atap Karangmoncol, Purbalingga berhasil kembali menyabet Penghargaan Khusus Film Pendek di ajang tahunan itu.

Tahun ini dengan mengusung film bertajuk “Langka Receh” sutradara Miftakhatun dan Eka Susilawati dan diproduksi Sawah Artha Film, anak-anak gunung dari bagian utara Purbalingga itu diganjar Penghargaan Khusus Film Pendek sebagai Film yang Mencerminkan Kearifan Lokal.  

“Bangga, membawa nama baik sekolah dan Purbalingga. Meskipun tidak membawa piala Citra karena pihak penyelenggara tidak menyediakan bagi peraih Penghargaan Khusus. Karena itu, kami sempat meminjam piala untuk berfoto,” ungkap Eka Susilawati usai malam penganugerahan FFI di Benteng Vredeburg Yogyakarta, Sabtu malam, 8 Desember 2012.

Berbeda dengan penyelenggaraan FFI tahun-tahun sebelumnya, penghargaan khusus tetap berhak atas piala meskipun dalam bentuk yang sedikit berbeda. Bagaimanapun, bagi anak-anak gunung, piala itu akan menjadi simbol kebanggaan.

Film “Langka Receh” berdurasi 5 menit itu berkisah tentang perilaku tidak jujur pedagang yang ada di sekitar kita. Pedagang kerap memberikan kembalian kepada pembeli bukan dalam bentuk uang tapi barang seperti permen.

Guru pembina ekskul sinematografi Aris Prasetyo, S.Sn mengatakan, penghargaan-penghargaan yang diterima dari karya-karya film memantik anak-anak desa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP. “Namun, belum dibarengi dengan fasilitas ruang kelas yang memadai,” ungkap pengajar yang belajar film sudah sejak 2004 ini.

Seperti halnya film-film pendek karya Sawah Artha Film sebelumnya, “Langka Receh” yang diproduksi awal 2012 ini menyandang sederet penghargaan, seperti Film Terbaik Kedua Kids International Film Festival (KidsFest) 2012, Film Terbaik (Gayaman Award) Festival Film Solo (FFS) 2012, Film Pendek Fiksi SMP Terbaik Festival Film Purbalingga (FFP) 2012.

Kemudian Juara 3 Lomba Cipta Film 50 Tahun Lesbumi 2012, Juara 2 Festival Film Integritas 2012, serta Penghargaan Khusus Juri Jambore Film Pendek 2012 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak ada komentar: