13 Desember 2011

CLC Gelar Kado Hari Jadi Purbalingga


Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga kembali menggelar program Kado buat Kota Tercinta. Program untuk kali ketiga sejak 2009 ini berupa ekspresi dan apresiasi kreativitas seni anak muda Purbalingga sebagai media kritik terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Rencananya, program dalam rangka menyambut Hari Jadi Purbalingga yang ke-181 ini akan digelar pada Sabtu, 24 Desember 2011 di Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Jl. Mayjend. Panjaitan No. 61 Purbalingga dari pukul 12.30 hingga 22.00 WIB.

Manager Program CLC Nanki Nirmanto mengatakan Kado buat Kota Tercinta dirancang dan dihadirkan setiap tahun sebagai kado ulang tahun kota Purbalingga. “Tahun ini ada lima jenis kesenian yang akan disajikan, yaitu pementasan musik, sastra, teater, pameran foto, dan pemutaran film,” tuturnya.

Media Kritik
Selama ini, seni modern yang digawangi anak muda Purbalingga tidak berkembang dengan baik. Selain ketiadaan fasilitas dari pemerintah daerah, para pekerja seni cenderung bekerja secara sendiri-sendiri. Banyak diantaranya memilih hijrah dan berkarya di kota lain.

Tahun ini CLC mengajak anak-anak muda yang aktif dan kreatif di penulisan sastra yang tergabung dalam Kelas Menulis Purbalingga, musisi Purbalingga, kelompok-kelompok teater SMA, dan para penghobi foto untuk bersama-sama mengemas kado yang akan dihadiahkan kepada kota Purbalingga tercinta.

“Karya-karya dari para seniman muda itu harus melalui seleksi. Karena konsepnya adalah karya yang cerdas dan kritis sebagai konsekuensi seorang seniman dan anak muda menanggapi keadaan lingkungan sekitar,” ungkap Nanki.

Untuk pameran foto akan dilengkapi diskusi pada pukul 12.30 WIB dan pameran rencana digelar selama dua pekan dari 24-31 Desember 2011. Pada sore hari, pukul 15.00 digelar pembacaan dan musikalisasi puisi, pembacaan flash fiction (ff), diskusi dan bedah kumpulan ff. Berbarengan dengan sastra, para musisi akan mempersembahkan lagu-lagu kritik mereka terhadap pembangunan di Purbalingga.

Malamnya, 19.30 WIB, Teater Papringan SMAN Kutasari Purbalingga dan Teater Brankas SMAN 2 Purbalingga unjuk kebolehan. Puncaknya adalah pemutaran dan diskusi film “Bupati (tak pernah) Ingkar Janji”. Program Kado buat Kota Tercinta ini akan dipersembahkan secara gratis untuk masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.

1 komentar:

untuk semua mengatakan...

tetap kritis yang penting solutif.. Makin jaya buat CLC