17 September 2011

PELUNCURAN KOMPILASI VIDEO KLIP BANYUMAS RAYA


Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) dan Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga berencana meluncurkan Program Kompilasi Video Klip Banyumas Raya pada Sabtu malam, 24 September 2011, jam 19.30, di Gedung Dekopinda, Jl. May. Jend. Panjaitan No. 67 Purbalingga.

Selain di Purbalingga, peluncuran juga akan dilakukan di Pendopo SMK Negeri 3 Banyumas pada Sabtu malam, 1 Oktober 2011 dan di Taman Belajar Multimedia (TBM) Sangkanparan Cilacap Sabtu malam, 8 Oktober 2011.

Program yang digagas selama tiga bulan ini berhasil mengumpulkan lima karya video klip (musik) dari tiga kabupaten di Banyumas Raya. Karya klip tersebut adalah “Tarik Ulur” Black Aprodhyte dan “Kekasih Hati” Renovasi yang keduanya disutradarai Insan Indah Pribadi dari Sangkanparan Cilacap.

Kemudian “Asal Kau Bahagia” Firefly sutradara Fildha Hani Laksita dari Pandawa Production Banyumas, “Terbuang Bersama Penatku” Wanarasta sutradara Anton Rahadi dari Baskara Production Purbalingga, serta “Mahatma” Mahatma sutradara Bowo Leksono dari CLC Purbalingga. Peluncuran program kompilasi ini juga akan dimeriahkan penampilan kelima grup band tersebut.

Direktur Operasional JKFB Bowo Leksono mengatakan musik tak sekedar dinikmati dengan cara didengar. Lebih dari itu, performa musisi pun dibutuhkan kehadirannya di depan mata kita. “Media audiovisual berupa video klip itulah salah satu cara untuk menyatukannya,” ujar sutradara yang juga direktur CLC ini.

Bagi musisi atau produser musik, video klip menjadi salah satu media promo lagu/album dari sebuah grup band untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat. Distribusi karya lagu yang sebelumnya hanya melalui kepingan audio pun berkembang menjadi kepingan VCD dan DVD.

Menurut Bowo, hampir dua dekade, perkembangan produksi video klip hanya terpusat di beberapa kota besar saja. “Padahal, tak hanya kota besar bahkan kota kecil di Indonesia sekalipun tak luput dari keberadaan sebuah grup band,” tuturnya.

Saat ini, dengan maraknya teknologi digital yang relatif mudah dan murah dan dengan hadirnya internet, memungkinkan orang di belahan dunia mana pun mampu menikmati sebuah karya musik, sekaligus penampilan musisinya.

Kompilasi video klip Banyumas Raya ini dirancang untuk didistribusi ke berbagai komunitas musik dan film, festival film, pemutaran dan diskusi di kantong-kantong budaya, sekolah, dan kampus, stasiun-stasiun televisi lokal, serta media internet.

Tidak ada komentar: