26 Agustus 2011

PROGRAM KOMPILASI VIDEO KLIP BANYUMAS RAYA


Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) dan Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga

MUKADIMAH
Musik tak sekedar dinikmati dengan cara didengar. Lebih dari itu, performa musisi pun dibutuhkan kehadirannya di depan mata kita. Media audiovisual berupa video klip (video musik) itulah salah satu cara untuk menyatukannya.

Sejak masuknya MTV (Music Television) ke Indonesia awal periode 1990-an, yang menayangkan beragam video klip grup-grup band seluruh dunia, memancing lahirnya karya-karya video klip band-band tanah air. Kondisi ini berkembang pesat ketika bermunculan televisi-televisi swasta di Indonesia.

Banyak para pembuat film/video Indonesia, atas pesanan produser musik, berlomba-lomba memproduksi video klip untuk konsumsi stasiun televisi. Bahkan, video klip menjadi bisnis yang sangat menggiurkan bagi para pembuat film/video.

Bagi musisi/produser musik, video klip menjadi salah satu media promo lagu/album dari sebuah grup band untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat. Distribusi karya lagu yang sebelumnya hanya melalui kepingan audio pun berkembang menjadi kepingan VCD dan DVD.

Namun, hampir dua dekade, perkembangan produksi video klip hanya terpusat di beberapa kota besar saja. Padahal, tak ada kota besar dan bahkan kota kecil di Indonesia sekalipun yang luput dari keberadaan sebuah grup band.

Bisa jadi karena untuk menggapai ketenaran dan eksistensi, sebuah grup band harus hijrah ke kota besar macam Jakarta dan Bandung. Sementara perkembangan karya video klip tidak se-massive karya film pendek, yang mampu berkembang dengan baik hingga pelosok daerah.

Saat ini, dengan maraknya teknologi digital yang relatif mudah dan murah dan dengan hadirnya internet, memungkinkan orang di belahan dunia mana pun mampu menikmati sebuah karya musik, sekaligus penampilan musisinya.

Untuk itu, Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) dan Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga membuat program Kompilasi Video Klip se-Banyumas Raya (Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Banjarnegara).

TUJUAN
- Merekatkan antara musisi dan pembuat film di Banyumas Raya
- Mengenalkan karya video klip dan musisi Banyumas Raya ke luar daerah
- Pendataan karya video klip Banyumas Raya

DISTRIBUSI
- Komunitas-komunitas musik
- Komunitas-komunitas film
- Pemutaran dan diskusi di kantong-kantong budaya
- Pemutaran dan diskusi di sekolah dan kampus
- Stasiun-stasiun televisi lokal
- Festival-festival film
- Internet

SYARAT
- Musisi/grup band dan pembuat karya adalah dari wilayah Banyumas Raya.
- Berjenis musik modern: pop, rock, blues, jazz, reggae, dan sejenisnya.
- Melalui tahapan kurasi oleh tim kurator.

LAUNCHING
Launching direncanakan pada akhir September 2011

BATAS PENGUMPULAN KARYA
Batas pengumpulan karya Video Klip pada 10 September 2011 format AVI atau DVD (mpeg2)

KONTAK
Keikutsertaan kompilasi, hubungi segera Nanki Nirmanto 085227872252

Tidak ada komentar: