17 Juni 2011

Layar Tanjleb di YPI Minhajut Tholabah, Purbalingga


Memutar film-film pendek di lingkungan pondok pesantren bukanlah hal baru bagi Cinema Lovers Community (CLC). Meski bukan pula kegiatan yang sering di lakukan. Tidak ada sesuatu yang beda dalam pemutaran di lingkungan beratmosfir Islami ini. Sama seperti pemutaran di lingkungan sekolah pada umumnya.

Pada Jumat malam, 17 Juni 2011, CLC menyambangi sebuah pondok pesantren di Dukuh Lawigede, Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja, Purbalingga yaitu YPI Minhajut Tholabah. Layar Tanjleb sebagai rangkaian acara Khotmil Qur’an ini bertema “Selamat Tinggal Tahun Ajaran Lama, Selamat Datang Tahun Ajaran Baru” karena bertepatan pula kenaikan dan kelulusan santri serta jelang penerimaan santri baru.

Film yang diputar adalah film-film pendek terbaru buatan pelajar SMA dan SMP di wilayah Purbalingga, ditambah empat film animasi dari Surabaya. Sebuah profil sederhana pesantren ini sebagai persembahan dari CLC pun turut diputar. Ini menjadi salah satu program CLC yaitu memperluas jaringan distribusi berupa pemutaran.

Layar yang dipasang di salah satu sudut lokal bangunan pesantren, menjadi saksi peristiwa budaya tak hanya bagi para santri namun bagi para kyai dan masyarakat sekitar pesantren.

Tidak ada komentar: