04 September 2010

Tawarkan Senyum pada Anak Panti


Ilham (10 tahun) dan puluhan teman-teman sebaya duduk manis semanis saat mereka menerima pelajaran di sekolah. Sesekali cengar-cengir bahkan tertawa menatap layar putih di depannya yang sedang memutar sebuah film kartun karya anak negeri.

“Kalau nonton tivi, saya suka nonton “Upin dan Ipin”. Film yang tadi juga lucu, saya juga suka. Ada lanjutannya ngga Mas?” tutur ilham seusai pemutaran sembari berharap film berjudul “Culoboyo Juniol” berseri seperti di tivi-tivi.

Sore itu, Sabtu, 4 September 2010, Sesarengan Mahasiswa Purbalingga (Serangga) kerja bersama Cinema Lovers Community (CLC) mengadakan bakti sosial di Panti Asuhan Yusufiyah Desa Cipawon, Kecamatan Bukateja, Purbalingga.

Acara bertajuk “Peduli Sebuah Senyuman” itu dirangkai dalam kegiatan penyerahan bantuan dari berbagai donatur, kerja bakti, pemutaran film, pengajian, games, dan buka bersama. Sekitar 30 anak panti bersama belasan mahasiswa menikmati hari yang cerah itu.

Ada empat film dari berbagai kota yang diputar. Mulai dari Surabaya “Culoboyo Juniol” sutradara Mohammad Solikin, Purbalingga “Baju Buat Kakek”sutradara Misyatun dan “Pasukan Kucing Garong” sutradara Bowo Leksono, serta Yogyakarta “Cheng Cheng Po” sutradara BW. Purbanegara. Diputar pula profil sederhana panti asuhan yang semakin menghangatkan suasana.

“Filmnya bagus-bagus. Kami tidak pernah menonton film-film seperti ini,”ujar Agasi dari Serangga. Beberapa tamu yang kebetulan sore itu datang ke panti pun menyempatkan diri menengok acara pemutaran film. Ikut tertawa dan merespon apa yang ditonton.

Ketua Serangga Hanggas Wirapradeksa mengatakan, membuat kegiatan sosial karena ia dan teman-temannya menilai seperti itu yang seharusnya dilakukan mahasiswa sekarang. “Ke depan, kami berencana membuat kegiatan sosial membantu warga miskin ke desa-desa pelosok. Semoga ada donatur yang bersedia membantu,” tuturnya.

Anak-anak panti itu membutuhkan kedatangan saudara-saudaranya dari luar. Membawa hiburan, membawa kebahagiaan, merasakan kebersamaan. Meski hanya beberapa jam menawarkan senyuman pada anak-anak panti, namun akan berguna sampai nanti.

Tidak ada komentar: