16 Maret 2008

”Senyum Lasminah” Keliling Kalimantan


Salah satu film pendek Purbalingga ”Senyum Lasminah” karya sutradara Bowo Leksono terseleksi sebagai peserta ”Boemboe 3 Cities Short Film Festival 2008”, sebuah program dua tahunan yang diselenggarakan oleh Boemboe, lembaga distribusi film pendek Indonesia.

Adapun 3 Cities Short Film Festival sendiri berupa apresiasi dan diskusi film pendek yang dilakukan di 3 kota yang selama ini kurang memiliki aktivitas di bidang audio visual, khususnya film pendek.

Tahun ini, ”Boemboe 3 Cities Short Film Festival 2008” berkeliling ke kota-kota di Pulau Kalimantan, yaitu 15-16 Maret 2008 di Pontianak (Kalimantan Barat), 20-21 Maret 2008 di Banjarmasin (Kalimatan Selatan), serta 22-23 Maret 2008 di Balikpapan (Kalimantan Timur).

Sutradara Bowo Leksono mengatakan film “Senyum Lasminah” yang sempat menyabet sebagai Film Terbaik II Festival Film Edukasi 2007 ini adalah sebagai representasi budaya Banyumas. ”Sebuah kesempatan memperkenalkan budaya Banyumasan lewat medium film pendek di tanah Kalimantan,” ujarnya.

Sebagai pembuat film, Bowo Leksono pun berkesempatan keliling ke pulau terbesar di wilayah Nusantara itu. Sekaligus membawa misi budaya dan menginformasikan adanya ajang festival film pendek yaitu ”Purbalingga Film Festival 2008” yang hendak dihelat pada 16-18 Mei 2008, di Gelanggang Mahesa Jenar Purbalingga.

Film-film yang masuk festival ini terbagi dalam dua program yaitu Program Film ”Surat dari Jawa” meliputi film-film berjudul ”Djedjak Darah: Surat Teruntuk Adinda” sutradara M. Aprisiyanto, ”Senyum Lasminah” sutradara Bowo Leksono, “Iqra” sutradara Ari Satria Darma, “Jalan tak Ada Ujung” sutradara Maulana M. Pasha, serta ”Kematian di Jakarta” sutradara Ucu Agustin.

Sementara untuk Program Film ”Boemboe Forum” meliputi film-film berjudul ”Emperan” sutradara Elsa Dudi, “Yah... Begitulah Kehidupan” sutradara Kurnia Harta Winata, “Dunia ini Panggung Sandiwara: Ceritanya Mudah Berubah” sutradara Perdana Kartawiyudha, “Ghetek Pintar” sutradara Muslikah, ”Ma Lao” sutradara Rizal Aliah Rachmandar, “Kulihat Tamanku” sutradara Renas Makki, serta “Nyanyian dari Surga” sutradara Eddie Cahyono.

Dua tahun sebelumnya, ”Boemboe 3 Cities Short Film Festival 2008” berkeliling ke tiga kota sedang di Jawa, yaitu Cirebon, Salatiga, dan Jember. Melalui program ini diharapkan agar tiap kota penyelenggara 3 Cities Short Film Festival dapat termotivasi dalam menggerakkan dunia film ke depannya, seperti halnya kota-kota besar di Jawa. Bolex

Tidak ada komentar: