10 Juli 2014

Biora Putar "Spanish Earth"



Bioskop Rakyat (Biora) Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga kembali hadir di bulan Ramadhan ini. Pemutaran film dan diskusi rencananya digelar pada Sabtu, 12 Juli 2014 jam 15.30 di Mabes CLC Jl. Puring No. 7 Purbalingga.

Biora kali ini, akan memutar film dokumenter ekspositoris bertajuk "Spanish Earth" karya sutradara Joris Ivens dari Amerika Serikat. Pemutaran ini masih bekerja sama dengan In-Docs Jakarta yang menyiapkan materi-materi film untuk diputar dan didiskusikan.

Film berdurasi 53 menit dan diproduksi tahun 1937 ini menunjukkan perjuangan pemerintah Republik Spanyol melawan pemberontakan oleh pasukan sayap ultra-kanan yang dipimpin Jenderal Francisco Franco dan didukung oleh Nazi Jerman dan Fasis Italia.

Penanggung jawab Biora Canggih Setyawan mengatakan, menarik mengapresiasi dan mendiskusikan film-film sejarah negara di belahan dunia Eropa. "Kita jadi mengerti bagaimana perjuangan rakyat dan pemerintahan di negara-negara maju saat Perang Dunia I melihat korelasinya saat ini," ujarnya.

Tidak ada komentar: