22 November 2010

Film Pelajar Banyumas Raya Unjuk Prestasi


Festival Film Remaja Se-Jateng 2010
PURBALINGGA-Film pelajar dari Purbalingga dan Cilacap kembali mengukir prestasi gemilang di Festival Film Remaja (FFR) 2010, yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Sabtu (20/11).

Film “Pigura” yang disutradarai siswi kelas IX, Darti (15) dan diproduksi Sawah Arta Film, SMP 4 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga, berhasil menjadi juara dalam ajang tersebut. Tidak tanggung-tanggung, empat kategori penghargaan pun diraih, yaitu film terbaik, sutradara terbaik, kameramen terbaik dan editor terbaik.

Sementara itu, film berjudul “Kado Suket” garapan siswi SMA 1 Rembang, Purbalingga dan film berjudul “BTe (Bakul Tempe)” garapan siswi SMK 1 Cilacap meraih juara harapan satu dan dua dalam ajang yang digelar di Taman Budaya Surakarta itu.

Selain itu, film karya pelajar SMK 1 Cilacap lainnya, “Owalah Jiand” menduduki peringkat ke empat pada enam Film Pilihan yang mendapatkan piagam dan uang pembinaan. Sebelum penetapan pemenang, film yang masuk panitia diseleksi menjadi 12 film terbaik dari seluruh karya pelajar se-Jateng. Kemenangan yang diperoleh SMP 4 Satu Atap Karangmoncol, menjadikan sekolah tersebut mempertahankan prestasinya di ajang yang sama. Tahun lalu, SMP 4 Satu Atap Karangmoncol menjuarai ajang yang sama dengan film berjudul “Baju buat Kakek”.

Kepala Sekolah SMP 4 Satu Atap Karangmoncol, Siswadi, mengaku bangga terhadap prestasi yang diperoleh sekolahnya. Guru SMP 4 Satu Atap, Aris Prasetyo, yang mendampingi siswanya selama pembuatan film tersebut mengatakan, siswanya kembali membuktikan sebagai sekolah berprestasi meski tidak didukung dengan peralatan pembuatan film yang memadai.

Pegiat film di Komunitas Sangkanparan Cilacap, Insan Indah Pribadi mengemukakan, kerja keras itu menjadi bagian penting dalam pengembangan film pendek.

Suara Merdeka, 22 November 2010

1 komentar:

sangkanparan mengatakan...

dahsyat...aku bangga pada kalian