08 Agustus 2009

Tiga Film Pelajar Purbalingga Tayang di Courts-Circuits


Kembali, film-film pendek karya pelajar SMA di Purbalingga unjuk gigi. Kali ini dalam acara Courts-Circuits: Spécial à courts d'écran 2009 yang diselenggarakan oleh Centre Culturel Français (Pusat Kebudayaan Prancis) mulai 14-16 Agustus 2009 di ruang audiovisual Galeri Nasional, Jakarta Pusat.

Film-film tersebut bertajuk ”Sandal Jepit” (SMA Negeri 1 Purbalingga), ”Sekitar Midnight” dan ”Tasmini” (SMA Negeri 2 Purbalingga). Ketiga film berbahasa Banyumasan itu akan diputar di program Ekstrakurikuler yaitu program khusus kumpulan film siswa SMA pada Minggu, 16 Agustus 2009, pukul 14.00 WIB.

Film ”Sandal Jepit” bercerita soal nasib sial seseorang yang bukan karena kebetulan, melainkan sebuah akumulasi dari sikap dan tindakan. Film pendek yang disutradarai Bani Dwi K itu sempat menyabet penghargaan sebagai Film Terbaik I dan CLC Award di ajang Kompetisi Film Pendek Fiksi se-Banyumas Raya Purbalingga Film Festival (PFF) 2009.

Film ”Sekitar Midnight” yang menjadi nominator Kompetisi Film Pendek Fiksi se-Banyumas Raya PFF 2009 berkisah tentang mitos malam Jum’at kliwon bagi orang desa dan bagaimana jadinya bila mitos itu betul terjadi? Sementara ”Tasmini”, film yang sempat nongol di TV One menegaskan bahwa tidak satu pun perempuan yang mau dimadu karena semua perempuan butuh kasih sayang pada dasarnya.

Dua film lagi yang diputar pada program yang sama adalah ”Detensi” dan ”Cheat Chat Bingo”, kedua film yang cukup fenomenal itu disutradarai Jason Iskandar, siswa SMA Canisius College Jakarta.

Acara pemutaran film pendek Indonesia-Prancis kali ketiga ini terbuka untuk umum dan gratis. Selain pemutaran film, diadakan pula program diskusi yang membahas “film pendek dan semangat anak muda” yang difasilitasi Klub Kajian IKJ dengan menghadirkan pembicara Dennis Adhiswara serta diskusi mengenai “tips penulisan skenario film pendek” dari Serunya! Script Writing.

Tidak hanya itu, di acara tersebut Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga dan Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) bersama beberapa komunitas film lain akan turut berpartisipasi dalam pameran komunitas dengan menyediakan informasi seputar dunia perfilman di Purbalingga dan Banyumas Raya. Kegiatan ini sebagai media memperkenalkan komunitas film lokal di tingkat nasional bahkan internasional. Bolex

Tidak ada komentar: