26 Juli 2009

”Nyarutang”, Film Pendek Purbalingga Masuk Boemboe Forum 2009


Film pendek asal Purbalingga, ”Nyarutang” karya sutradara Asep Triyanto terpilih sebagai salah satu film di ajang Boemboe Forum 2009 bersama lima film lain dari berbagai kota di Indonesia. Forum bagi pembuat film pendek Indonesia ini hendak digelar pada Sabtu, 1 Agustus 2009, pukul 14.30 WIB, di Istituto Italiano di Cultura (Pusat Kebudayaan Itali) Jakarta.

”Saya senang film pertama saya bisa terpilih sebagai salah satu film di Boemboe Forum. Dengan izin orang tua dan pihak sekolah, saya akan datang sekaligus untuk menambah pengalaman,” tutur Asep Triyanto, siswa SMA Negeri 1 Bobotsari, Purbalingga ini bangga.

Film ”Nyarutang” berdurasi 10 menit yang sempat menyabet penghargaan dari JKFB Award di ajang Purbalingga Film Festival 2009 ini berkisah soal pemuda pengangguran bernama Jono yang masih mengikuti sisa nurani. Pada suatu ketika, Jono menemukan sebuah dompet di sebuah gang. Setelah Jono memakai uang dalam dompet itu, ia berniat mengembalikannya. Ada penyelesaian yang unik bagaimana Jono mengembalikan dompet dan uang yang sudah dipakainya.

Selain Purbalingga, film pendek hadir dari Jakarta, Solo, Jember, dan Makassar. Bentuk acara Boemboe Forum yang telah memasuki tahun keenam, selain pemutaran film adalah berupa presentasi peserta dan diskusi selama kurang lebih 30 menit setiap karyanya.

Asep Triyanto adalah filmmaker keenam dari Banyumas yang karyanya berhasil menjadi karya pilihan di ajang Boembeo Forum. Filmmaker lain adalah Dimas Jayasrana (di tahun 2004), Bowo Leksono dan Bayu Bergaswaras (2005), Heru C. Wibowo (2007), dan Insan Indah Pribadi (2008). Bolex

1 komentar:

tikapinkhana mengatakan...

saya menonton film ini di Boemboe Forum, menurut saya filmnya menarik..semoga sukses ya untuk karya selanjutnya :)