27 April 2009

Pemutaran Film Keliling “Laskar Pelangi”


Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei kerap dilupakan masyarakat. Padahal pendidikan adalah pilar utama dari kemajuan suatu bangsa. Apalagi sekarang ini Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional menjalankan program Pendidikan Gratis untuk masyarakat.

Pada bulan Mei 2009, menyambut Hari Pendidikan Nasional, JKFB bekerjasama dengan MILES Films dan Mizan Production serta didukung oleh Jive Entertainment akan mengadakan program pemutaran keliling film “Laskar Pelangi” di 6 kota; Purwokerto, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, Pekalongan, serta Yogyakarta.

Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) adalah asosiasi komunitas film di Banyumas Raya, Jawa Tengah. Visi JKFB adalah menjadi lembaga fasilitator dan mediator dalam mengembangkan serta memajukan kegiatan perfilman di Banyumas Raya melalui program kegiatannya. Misi JKFB adalah melakukan kerja kolektif serta jaringan dalam berbagai aspek yang dapat memajukan kegiatan perfilman di Banyumas Raya.

Program pemutaran film keliling ini dimaksudkan untuk membuka ruang diskusi dengan publik mengenai isu pendidikan di Indonesia, bercermin kepada banyaknya persoalan yang dihadapi dalam dunia pendidikan Indonesia, mulai dari kapitalisasi pendidikan hingga sistem pendidikan yang korup.

Program

Sekolah Kami, Hidup Kami
Steven Pillar Setiabudi
Dokumenter |12’|2008
Perjuangan sekelompok SMU 3 Solo dalam mengungkapkan praktik korupsi di sekolah mereka. Dengan persiapan matang dan sistematis, mereka berhasil mengumpulkan bukti-bukti praktek korupsi yang diduga melibatkan wakil Kepala Sekolah mereka.

Laskar Pelangi
Riri Riza
Fiksi| 125’ |Miles Films & Mizan Production|2008
Laskar Pelangi adalah sebuah kisah anak bangsa yang menggambarkan perjuangan guru dan 10 siswa di Belitong untuk sebuah pendidikan.

Jadwal

- Purbalingga; CLC Purbalingga, 2 Mei 2009 @Desa Tangkisan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, pukul 19.30 WIB.
- Cilacap; Sangkanparan, 2 Mei 2009 @Alun-alun Majenang, pukul 19.30 WIB.
- Purwokerto; Garis Depan Community, 2 Mei 2009 @Gedung Rhoediro Fakultas Ekonomi Unsoed, pukul. 19.00 WIB.
- Svarna Film, 21 Mei 2009 @Auditorium Universitas Muhammadiyah Purwokerto pukul. 19.00 WIB.
- Banjarnegara; Komunitas Semut Ireng, 3 Mei 2009 @Gedung Sasana Bhakti Praja, pukul 15.00 WIB.
- Pekalongan; Satu Hati, 30 & 31 Mei @Aula Lt. 1 Gedung Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan pukul. 19.00 WIB.
- Yogyakarta; Kinoki dengan Sekolah Hijau, 1 Mei pukul 16.00 WIB @Milas Vegetarian Resto
Kinoki dengan Dinas Pendidikan & TBY, 2, 16, 30 Mei 2009 pukul 10.00 WIB @Taman Budaya Yogyakarta. Dimjay

Tidak ada komentar: